Minggu, 10 November 2013

Pengertian Terapi

Terapi berasal dari bahasa inggris yang asal katanya ialah, therapy yang artinya pengobatan. Sedangkan menurut bahasa Arab, terapi sepadan dengan kata “Syafa-Yasyfi-Syifaan” yang berarti “Pengobatan, mengobati, menyembuhkan”. Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terapi berarti usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit, pengobatan penyakit, perawatan penyakit. Didalam Kamus Ilmu-ilmu sosial juga ditemukan kata therapy yang berarti perlakuan atau cara-cara penyembuhan penyakit yang diderita oleh seorang individu. Selanjutnya dalam Kamus Lengkap Psikologi, kata therapy suatu perlakuan dan pengobatan yang ditujukan kepada penyembuhan suatu kondisi patologis.

Adapun pengertian terapi secara terminologi yang dikemukakan para ahli antara lain sebagai berikut :

1) Menurut Kartini Kartono

Terapi ialah metode penyembuhan dari gangguan kejiwaan.

2) Menurut Singgih D Guilarsa

Terapi adalah perawatan terhadap aspek kejiwaan seseorang. Dalam Oxporo English Dictionary, perkataan psychotherapy tidak tercantum, tetapi ada perkataan psychotherapeutic yang diartikan sebagai perawatan terhadap sesuatu penyakit dangan mempergunakan teknik psikologis untuk melakukan intervensi psikis. Dengan demikian, perawatan melalui teknik psikoterapi, yaitu perawatan yang secara umum mempergunakan intervensi psikis dengan pendekatan psikologis terhadap pasien yang mengalami gangguan psikis atau hambatan kepribadian.

3) Menurut Andi Mappiere Ar

Terapi adalah suatu proses berjangka panjang berkenaan dengan rekonstruksi pribadi.

4) Menurut Abdul Aziz Ahyadi

Terapi adalah perawatan dangan menggunakan alat-alat psikologis terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional,di mana seorang ahli secara sengaja menciptakan hubungan profesional dengan pasien yang bertujuan menghilangkan, mengubah atau menurunkan gejala-gejala yang ada, meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan kepribadian yang positif.

5) Menurut James P Chaplin yang dikutip oleh Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir.

Terapi diartikan dari dua sudut pandang. Pertama secara khusus, yaitu penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan-kesulitan penenangan diri setiap hari. Kedua sescara luas, yaitu mencakup penyembuhan lewat keyakinan agama melalui pembicaraan informal atau diskusi personal dangan guru atau teman. Maka sudah jelaslah bahwa pengertian terapi adalah pengobatan alam fikiran dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis.

0 komentar:

Posting Komentar

komen sesuai kaidah mulut anda ...
cakeeep